Algoritma Google Panda Penguin Humming Bird Dan Pigeon
Halo semua pengunjung baru dan setia, kembali Saya datanguntuk memberi informasi pada kalian. Kini, Saya akan membuat sebuah artikel tentang algoritma Google. Menurut informasi resmi, Google mempublikasikan algoritma mereka terbagi menjadi 3 system ( Pada Tahun 2014 ). Yaitu, Google Panda, Google Penguin, dan Google Humming Bird.
Algoritma Google Panda
Algoritma Google Panda, diimplementasikan pada tahun 2011 bulan Februari. Sekilas sejarah Google Panda, banyak perubahan terbesar terjadi saat itu. Karena, Google Panda bertugas sebagai penentu hasil urut pencarian. Isu yang terjadi dan spekulasi yang ada pada kalangan SEO, mereka menyebut sebagai farmer sebelum ada pemberitahuan resmi dari Google. Tidak lama berselang waktu isu, luncurlah konferensi pers dari Google bahwa farmer yang di-isukan itu sudah diberi nama resmi yaitu Google Panda.
Berikut Spesifikasi dari Algoritma Google Panda :
Tujuan : menghasilkan pencarian yang baik
Misi :
- Pemberantas duplikasi konten (Copy-Paste) | Jika Anda memiliki multi bahasa, gunakan * href lang dan *canonical.
- Pemberantas konten kualitas rendah, konten kualitas rendah diantaranya adalah Konten yang hanya memikirkan pengulangan kata kunci pada konten tersebut dengan tujuan terindeks oleh mesin pencari.
- Penulisan yang tidak benar sesuai EYD juga diperhitungkan.
- Kecurangan konten seperti manipulasi konten, sinyal surat pembaca negatif terhadap konten, dan juga sinyal post negatif pada sosial media terhadap konten.
- Konten yang memiliki tingkat pembacaan rendah, jadi tingkat membaca pada konten harus dipermudah agar kemudahan pengguna/pengunjung lebih nyaman membaca konten pada situs Anda.
Intisari :
Google Panda memang bertumpu erat pada kualitas konten , Pada titik konten ini, memang Google Panda serius akan pemberian pengalaman pengguna terbaik, tujuannya agar orang yang mencari di Google, mendapatkan hasil pencarian yang situsnya memberikan penjelasan yang baik dan dapat dipahami. Ya ! Content Is The King ! Pelajari lebih lanjut pada kualitas konten.
Algoritma Google Penguin
Algoritma Google Penguin, diimplementasikan pada tahun 2012 bulan April. Sekilas sejarah Google Penguin, sebelum terlahirnya kata penguin secara resmi dari Google, sempat terjadi kisruh karena perubahan mendadak yang signifikan terhadap link factor. Sebutlah 2 faktor penentu terindeksnya situs Anda karena konten dan link yang tertaut ke situs Anda secara pembaginya 70 : 30. Namun,
link factor yang berdaulat 30 porsi dijadikan spam instan oleh orang-orang yang menggunakan Blackhat SEO . Hadirlah Google Penguin.
Berikut Spesifikasi Algoritma Google Penguin :
Tujuan : Memberantas spam.
Misi :
- Menyaring backlink dan hanya memberikan poin pada backlinkyang natural. | nature backlink berupa rujukan atau hasil karya.
- Manajer dari semua tautan (link) yang terkait terhadap situs Anda. Link pada kolom komentar.
- Link pada signature forum.
- Link dari paid link.
- Link pada banner dan widget app.
- Link pada public and private network.
- Link dari blogroll atau tukar link.
- Link pada sitewide.
- Link dari direktori yang di blacklist.
Umumnya, robot pengerayapan mesin pencari menggunakan link sebagai poin pada konten situs Anda. Karena bila situs Anda memiliki konten yang berguna & menarik, pengunjung akan secara alami tuk memberikan referensi ke situs Anda pada kolega dan kerabatnya. Namun, untuk menghindari kesalahgunaan pemberian poin pada link hadirlah Google Penguin sebagai manajer link Anda, yang menentukan spam / tidaknya situs Anda. Biarkanlah natural, berikan penetrasi ke pengunjung Anda melalui ikatan sosial media yang interaktif dan konten yang berkualitas.
Update Terbaru : 6 Oktober 2013 Versi Penguin 2.1
Algoritma Google Humming Bird
Algoritma Google Humming Bird, diimplementasikan pada tahun 2013 bulan Agustus. Sekilas sejarah Humming Bird, terkait dengan berkembangnya teknologi yang lahir, seperti Google Now, Place, Hangout dan yang terintegrasi lainnya. Google Voice yang menjadi bagian dari semua itu menjadi alasan utama Humming Bird meluncur, yaitu mempercepat sugesti kata pencarian, menghasilkan interaksi pada hasil pencarian, dan hal-hal yang berkaitan dengan integrasinya hasil pencarian.
Berikut spesifikasi algoritma Google Humming Bird :
Tujuan : Hasil pencarian yang terintegrasi.
Misi :
- Menganalisa kata kunci pencarian.
- Memberikan keterkaitan yang baik dengan kata kunci pencarian.
- Menambah kecepatan sugesti dari kata kunci pencarian.
- Memperbaiki kata kunci yang salah diucapkan maupun diketik.
Intisari :
Semua orang ingin mendapatkan hal yang baru, mudah, terintegrasi dan modern. Ketika Anda mengucapkan perintah pada Google Voice tentu Anda ingin mendapatkan hasil pencarian yang cepat, dan juga sesuai yang Anda inginkan terlebih bila ada interaksi jawaban suara didalamnya. Google Humming Bird memang bertumpu pada Google Voice namun berlatar belakang pada perbaikan kata kunci.
Update Terbaru : -
Algoritma Google Terbaru 2014
Google Pigeon, hantaman yang keras pada hasil pencarian lokal pada tahun 2014 bulan Juli. Banyak orang yang bertanya-tanya, ini benar-benar memperbaiki hasil pencarian yang relevan dan terintegrasi. Bagi Anda, yang memiliki situs toko offline jangan sampai salah menulis informasi alamat dan dianjurkan menggunakan Google local dan Google business agar semakin mudah terindeks pada pencarian. Hal ini berkaitan erat pada Google Humming Bird dan Google Panda untuk hasil jawaban seperti “Toko Baju terdekat”, kata “Toko Baju” akan menyaring semua halaman yang terkait Toko Baju namun kata “terdekat” menggunakan integrasi sinyal dan GPS untuk menentukan lokasi dan menyaring semua halaman Toko Baju yang memiliki informasi alamat yang terdekat dan relevan.
Ya, itulah semua informasi algoritma Google yang saya ketahui ( Pada Tahun 2014 ) secara resmi dari Google Penelusuran, walaupun sebenarnya ada “other updates” namun keterangan resmi dari Google tidak ada jadi saya tidak cantumkan disini.





Post a Comment
Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>